500 Karyawan Pabrik Rokok Sampoerna di Surabaya Diliburkan, 98 Pekerja Pasti Terpapar Corona

500 Karyawan Pabrik Rokok Sampoerna di Surabaya Diliburkan, 98 Pekerja Pasti Terpapar Corona

WE Online, Bogor

Uji diagnostik cepat ( rapid test ) terhadap pekerja pabrik rokok PT HM Sampoerna Tbk di Surabaya telah digelar oleh  Tim Pelacak Kontak Rangkai Tugas COVID-19 Jawa Timur, sesudah dua karyawan di sana wafat akibat COVID-19.

Hasilnya 98 pekerja PT HM Sampoerna reaktif atau positif terindikasi terpapar corona. Sebagian mereka tumbuh masih diisiolasi. Mereka masih menjalani uji swab dengan metode PCR untuk memastikan positif Covid-19 ataupun tidak.

“Kami sudah dalami ini lagi sumbernya dari mana tertularnya. Yang jelas 91 yang isolasi & 7 yang dirawat inap. Oleh sebab itu totalnya 98 yang reaktif usai di- rapid test , ” kata Ketua Rumpun Tracing Rangkai Tugas Covid-19 Jatim, dr Kohar Hari Santoso, Jumat (1/4/2020).

Mengaji Juga: Corona di Sampoerna, 63 Pekerja di Pabrik Wilayah Itu Positif, 100 Diisolasi

Patuh Kohar, pihaknya sudah melakukan cara tracing setelah mengetahui ada kasus virus corona di pabrik rokok PT Sampoerna di Jalan Rungkut, Surabaya.

Pabrik sudah melakukan evaluasi pada ring 1 atau yang kontak tepat dengan 2 pekerja yang meninggal akibat corona serta ring dua yang tidak kontak langsung.

“Kami mengabulkan pemeriksaan rapid test , mereka terindikasi reaktif serta sudah diisolasi di Surabaya, serta sudah dilakukan swab, semoga hasilnya tidak mengkhawatirkan kemudian tinggal penelitian saja, ” papar Kohar.

Kasus virus corona pertama kali diketahui dalam pabrik rokok PT HM Sampoerna oleh Gugus Tugas pada 21 April 2020. Kemudian dilakukan penanganan tracing dan rapid test , termasuk meliburkan 500 pekerja yang ada di pabrik tersebut, serta dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Mereka sesungguhnya relatif terkumpul di tempat letak, kos-kosannya, sehingga relatif mereka sekadar, areanya relatif terlokalisir, ” tukas Kohar.

Partner Persekutuan Konten: Okezone

Lanjut baca Slot Online