Bawa Energi Bersih, Pembangkit Biogas Pasir Mandoge Perkuat Listrik Sumatera Utara

dukung-energi-bersih-pembangkit-biogas-pasir-mandoge-perkuat-listrik-sumatera-utara-1

PT PLN (Persero) bersaing mendorong pengembangan pembangkit Gaya Baru Terbarukan (EBT) pada Indonesia. Salah satu yang terealisasi adalah melalui penggandaan pasokan energi bersih dalam Sumatera Utara lewat hadirnya pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) Pasir Mandoge berkapasitas 2×1 megawatt (MW).

Menandai masuknya ke dalam sistem, penandatanganan berita acara Commercial Operation Date (COD) PLTBg Pasir Mandoge 2×1 MW pun dilakukan antara PLN Unit Pokok Wilayah Sumatera Utara dengan PT Karya Mandoge Gaya pada Selasa (3/8/2021). Pengesahan ini merupakan tindak lanjut penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) yang dilakukan di Kantor PLN UIW Sumatera Mengadukan pada April 2021 berarakan.

Mengucapkan Juga: Agar Lebih Enak, PLN Imbau Pelanggan Bayar Listrik di Awal Kamar

“Kehadiran pembangkit santun lingkungan ini bakal makin memperkuat sistem kelistrikan Sumatera Utara, ” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, Pandapotan Manurung, Kamis (5/8/2021).

Dia menambahkan, PLTBg Pasir Mandoge memanfaatkan limbah cair (POME) dari Bengkel Kelapa Sawit (PKS) PTPN IV. PLN membeli elektrik dari PT Karya Mandoge Energi dengan harga Rp1. 018 per kilowatthour (kWh). Adapun pembangkit ini dibangun dengan nilai investasi Rp42 miliar dan diperkirakan dapat memproduksi listrik 15 GWh per tahun.

Pandapotan berharap, pengoperasian PLTBg Pasir Mandoge dapat menekan dampak lingkungan akibat emisi gas rumah kaca, meningkatkan rasio elektrifikasi, dan menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat yang ada di sekitar daerah tersebut.

“PLN terus memajukan energi bersih dan ramah lingkungan sesuai semangat dasar transformasi Green, ” tuturnya.

Direktur PT Karya Mandoge Energi, Yudhistira Wiryawan, mengatakan bahwa PLTBg Pasir Mandoge telah mendalam dalam sistem kelistrikan melalui jaringan distribusi 20 kV yang dioperasikan oleh PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pematangsiantar sejak simpulan bulan lalu.

“PLTBg Ramal Mandoge telah memperkuat pola kelistrikan Sumatera Utara semenjak 23 Juli lalu, ” jelasnya.

Faktanya, perbandingan antara total penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum setara. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia cuma satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas