Berdiam Yustisi Mulai Senin Depan, Erick Thohir Mau Disiplinkan Masyarakat

WE Online, Jakarta

Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Komisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir menyampaikan, operasi yustisi yang akan digelar pada Senin pekan depan mencari jalan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam mengarahkan protokol kesehatan.

“Operasi yustisi kita akan mulai jalankan pada Senin depan dan tentu dalam waktu sepekan akan ditingkatkan lagi pendisiplinannya, ” ujar Erick dalam orasi ilmiah di Universitas Padjadjaran, Jumat (11/9/2020).

Mantan petinggi Inter Milan tersebut mengungkapkan, operasi tersebut merupakan lupa satu bagian dari Program Indonesia Sehat yang diluncurkan Komite PCPEN yakni sosialisasi perubahan perilaku secara luas, melibatkan seluruh pemangku hajat dan komunitas masyarakat.

Baca Juga: Gak Menyelap Geng Menteri ‘Musuh’, Erick Mah di Pihak Anies

Baca Juga: Anies Dihajar Sana-Sini, Si Jurus Kepret Bela Mati-matian

Meskipun demikian, Erick menilai kejadian tersebut belumlah cukup, sehingga Komite PCPEN bekerja sama dengan TNI-Polri dan didukung oleh semua negeri daerah, tentunya sehingga jangan tersedia kesan bahwa seolah-olah kebijakan itu bersifat represif.

Makin sudah ada Instruksi Presiden dengan telah dikeluarkan, namun hal itu tidak lain bahwa pemerintah ingin mensosialisasikan dan juga peningkatan peraturan masyarakat terutama dalam menjalankan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19.

“Hal ini memang tak mudah tapi saya yakini kejadian tersebut akan berjalan bila asosiasi mau menjadi bagian. Kita kudu bersama-sama mensukseskan program sosialisasi serta pendisiplinan ini, ” ujar Erick.