Berinovasi, Solusi Menjawab Tantangan Pandemi Covid-19

WE Online, Jakarta

Dalam benak masyarakat awam, inovasi seringkali dikatikan dengan hal-hal sulit dan penuh risiko. Padahal, inovasi justru diperlukan dalam menghadapi situasi yang terus berubah akibat pandemi Covid-19 ini. Justru pada kondisi penuh ketidak pastian, inovator / wirausahawan harus terpanggil untuk ikut serta dalam mengatasi perubahan situasi yang tidak hanya cepat namun juga kompleks.  

Inovasi itu menjadi salah satu instrumen yang sangat diperlukan guna merespon perubahan tersebut. Pasalnya, inovasi tidak hanya akan berdampak merubah kondisi lebih baik dari sebelumnya, tapi juga diharapkan mampu menarik perbedaan yang signifikan dalam nilai manfaat baik dari sisi ekonomi maupun sosial. Baca Juga: Hai Milenial, Masa Depan UMKM Ada di Tangan Mu

Dalam acara Dialog Produktif bertema “Berinovasi dan Optimis Meningkatkan Usaha di Masa Pandemi”, yang diselenggarakan Komite Penanganan Covid-19  dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Jumat (06/11), Dr Avanti Fontana, Dosen & Fasilitator Strategi dan Manajemen Inovasi Fakultas Ekonomi dan Marketing Universitas Indonesia menjelaskan,   produk-produk solutif yang dihasilkan wirausahawan tidaklah sesuatu yang dihasilkan tiba-tiba, namun dilakukan secara sistematis, dan mempunyai tujuan untuk menyelesaikan masalah.  

“Kalau bicara pandemi, tentu tujuannya bagaimana mengatasi pandemi dan tujuan yang lebih besar adalah menggapai kesejahteraan baik dalam jangka dekat maupun jangka panjang, ” ujar Avanti.