Kasus George Floyd Harus jadi Pelajaran buat Indonesia, Makanya Tapol Papua Segera Dibebaskan

Kasus George Floyd Harus jadi Pelajaran buat Indonesia, Makanya Tapol Papua Segera Dibebaskan

WE Online, Jakarta

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid mengatakan meninggalnya George Floyd yang memicu aksi-aksi protes hingga kerusuhan di Amerika Serikat harus menjadi perhatian pemerintah Indonesia.

Mengingat masalah rasisme bukan lah masalah yang telah selesai di Indonesia. Selain itu, Usman menanjutkan, pemerintah harus belajar dari peristiwa tersebut. Terutama dalam menyikapi kebebasan berekspresi di Papua serta isu rasisme terhadap orang Papua yang selama ini cenderung represif.

Baca Juga: George W Bush Angkat Bicara Soal Kematian George Floyd: Periksa Kegagalan Negara

“Insiden pelanggaran HAM yang menimpa George Floyd menjadi cerminan dari apa yg terjadi di Indonesia. Kasus pelanggaran HAM serupa yang diawali oleh rasisme di negara ini bukan hanya terjadi sekali dua kali, dan sebagian besar kasus bukan selesai, ” kata Usman, Rabu 3 Juni 2020.

Dia mengungkapkan, selama ini melimpah pembela HAM dan masyarakat sipil yang ikut melakukan aksi damai, ditangkap dan dipenjara atas tuduhan makar. Padahal, apa yang mereka lakukan tidak melanggar hukum lalu tidak ada unsur pidananya.