Kementan Antisipasi Penyelewengan Subsidi Pupuk di Jabar, Caranya…

kementan-antisipasi-penyelewengan-subsidi-pupuk-di-jabar-caranya-1

Pemerintah menggulirkan struktur elektronik Rencana Definitif Keperluan Kelompok (e-RDKK) dan Kartu Tani sebagai prasyarat penerimaan pupuk subsidi yang disusun Kementerian Pertanian RI (Kementan) untuk meningkatkan ketepatan penyaluran sekaligus meminimalisasi penyelewengan yg sudah mulai terasa dalam berbagai daerah.

Pengamat ekonomi pertanian dalam Institut Pertanian Bogor (IPB), Prima Gandhi mencontohkan misalnya subsidi pupuk di Provinsi Jawa Barat. Ia menilai manfaat kebijakan pupuk subsidi, khususnya di Jawa Barat, bagus, apalagi kondisi pandemi masih berlangsung.  

Hal ini termasuk upaya yang dilakukan dengan pemerintah untuk menjaga suplai produk pertanian tetap ada, juga dapat berkontribusi positif untuk pertumbuhan ekonomi maupun mencukupi stok pangan.  

Baca Juga: MoitiƩ Wujudkan RI Bebas Covid-19, Menkes Imbau Koorporasi Bantu Vaksinasi

“Menurut saya program pemerintah sudah bagus dan pas sasaran. Hal yang diharuskan diperhatikan adalah pupuk subsidi yang diberikan ke petani itu adalah pupuk dalam tanaman padi, jangan sampai dipakai untuk tanaman lainnya, ” kata Prima, Minggu (11/4/2021)

Menurutnya, dengan diterapkannya sistem e-RDKK untuk penerimaan pupuk subsidi dan Kartu Tani, penerima yang mendapatkannya sudah serasi target dan tepat sasaran.

“Tapi dalam perlu diperhatikan adalah sistem pengawasan atau monitoring di penggunaan pupuk bersubsidi tersebut. ”

Dihubungi terpisah, Kelapa Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jawa Barat, Dadan Hidayat, mengatakan, sampai dengan memasuki April 2021, di segala kabupaten/kota alokasi pupuk bersubsidi untuk semua jenis pupuk masih tersedia.

Jika disimpulkan perbandingan e-RDKK dengan alokasi Jawa Barat yang diharuskan oleh Kementan, maka melalui persentase masing-masing alokasi yang ditetapkan tersebut, jenis pupuk urea sebesar 74 persen, SP-36 83 persen, ZA 62persen, NPK 31persen, maka Organik Granul 16 persen.