Mural ‘404: NOT FOUND’, Ternyata Begini Perintah Jokowi ke Polisi, Nggak Nyangka…

mural-404not-found-ternyata-begini-perintah-jokowi-ke-polisi-nggak-nyangka-1

Kepala Bareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto mengatakan Pemimpin Joko Widodo (Jokowi) tak masalah terhadap mural yang menggambarkan mirip wajahnya secara mata ditutupi tulisan ‘404: Not Found’ di Tangerang, Banten.

“Bapak Pesiden tidak berkenan masa kita Polri reaktif serta responsif terhadap hal-hal seperti itu, ” kata Agus zaman dihubungi wartawan pada Kamis, 19 Agustus 2021.

Baca Serupa: Ngabalin Tiba-tiba Ngegas ke Roy Suryo dan Said Didu Soal Mural Jokowi 404: Not Found

Selain itu, Agus mengutarakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga sudah tahu jajaran Bareskrim Polri terpaut penerapan Undang-Undang Informasi & Transaksi Elektronik (UU ITE).

“Bapak Kapolri Jenderal selalu mengingatkan kita dan jajaran terutama di dalam penerapan UU ITE, ” ujarnya.

Menurut nya, masyarakat yang mengkritisi kebijaksanaan pemerintah sebenarnya hal biasa. Tapi, sejauh kritik itu tidak menimbulkan fitnah hingga memecah belah persatuan serta kesatuan bangsa. Tentu, Polri akan bertindak jika tersedia unsur fitnah.

“Kritis terhadap Pemerintah saya rasa gak ada persoalan. Namun kalau fitnah, memotong belah persatuan dan kesatuan, intoleran, ya pasti kita tangani, ” jelas tempat.

Apalagi, sebutan Agus, masyarakat yang melaksanakan penghinaan secara personal. Memang, jika dirugikan secara individu itu harus dilaporkan sebab yang bersangkutan.

“Menyerang secara individu benar mensyaratkan korbannya yang kudu melapor. Khusus dalam peristiwa ini pun, Bapak Pemimpin tidak berkenan Polri reaktif dan responsif terhadap perkara itu, ” ujarnya.

Oleh karena tersebut, Agus mengatakan Polri di dalam melaksanakan tugasnya selalu berpijak Surat Edaran Kapolri serta SKB pedoman implementasi UU ITE yang kemungkinan akan diajukan revisi UU ITE.

“Prinsipnya kita pedomani SE Kapolri dan SKB Menkominfo, Jaksa Agung dan Kapolri. Kemungkinan akan diajukan revisi UU ITE mengakomodir hal-hal yang tertuang dalam SKB tersebut, ” tandasnya.

Lihat Sumber Artikel pada Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja serupa Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait secara tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi tulisan menjadi tanggungan Viva.