OJK Minta Lembaga Keuangan cepat Bertransformasi ke Ekonomi Hijau

ojk-minta-lembaga-keuangan-segera-bertransformasi-ke-ekonomi-hijau-1

Otoritas Kebaikan Keuangan (OJK) meminta seluruh lembaga jasa keuangan maupun perusahaan publik untuk cepat bertransformasi menuju green economy atau ekonomi hijau yang lebih ramah lingkungan.

“Dalam segi makro ekonomi, kita harus melayani transformasi yang kita ucap green economy yang seluruh kebijakannya mengarah dan tidak melupakan adanya sustainability lingkungan, ” ujar Ketua Lembaga Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam diskusi daring Katadata, Kamis (26/8/2021).

Baca Juga: OJK Siapkan Panduan Manajemen Risiko Perubahan Iklim untuk Pabrik Perbankan

Wimboh menilai para pelaku industri menetapkan mencari jenis pertumbuhan ekonomi baru yang berkelanjutan secara tetap menjaga kelestarian lingkungan. Pasalnya, perubahan industri menuju ramah lingkungan dapat memengaruhi perubahan struktur produksi dan pola konsumsi masyarakat ke arah yang lebih tentu.

Ia menyatakan segala kebijakan seperti kebijaksanaan ekonomi, sektor keuangan, tatanan sosial, hingga etika, menetapkan diarahkan untuk bergerak menuju perwujudan ekonomi hijau. Peristiwa ini bertujuan untuk membentengi alam agar dapat berkelanjutan serta memberikan kehidupan dengan positif bagi manusia.

Badan Komisioner OJK itu menetapkan langkah tersebut perlu sinergi dari berbagai pihak agar dapat berjalan bersamaan & beriringan. Ia meyakini cara tersebut dapat mendorong terbentuknya strategi investasi baru di segala sektor industri.