‘Pak Nadiem’ Dilaporkan ke Komnas PEDOMAN, Warganet Pecah Kubu

WE Online, Jakarta

Lagi-lagi, tanda Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menghiasi daftar tren Twitter Indonesia, Rabu (5/8/2020) malam.

‘Pak Nadiem’ duduk dalam salah satu posisi tren Twitter, terkait dengan dilaporkannya Nadiem Makarim ke Komnas HAM terkait masalah pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester baru bagi mahasiswa.

Kabar itu langsung memicu pro-kontra di kalangan pengguna Twitter, khususnya para mahasiswa. Sebagian pengguna menilai kalau langkah melaporkan Nadiem ke Komnas HAM bukanlah hal yang tepat; tapi tersedia pula yang pro terhadap kesibukan itu.

Sebelumnya, Kemendikbud meminta pihak kampus menyesuaikan besaran UKT, khusus untuk mahasiswa yang kondisi finansial keluarganya terdampak COVID-19. Mahasiswa yang cukup cuti atau tidak mengambil SKS pun tak wajib membayarkan UKT. Lebih lanjut, lembaga itu serupa meminta para pemimpin perguruan mulia meringankan UKT terhadap mahasiswa.

Namun, tampaknya kebijakan itu belum berjalan secara efektif; karena masih ada mahasiswa kampus tertentu yang memprotes soal UKT. Di dalam kabar ini, Universitas Negeri Semarang (UNNES) lah yang melaporkan Nadiem ke Komnas HAM terkait perkara tersebut.