Pertamina Siapkan Konstruksi Storage BBM dalam Kawasan Pelabuhan Patimban

WE Online, Jakarta

PT Pertamina (Persero) menyiapkan pembangunan Storage Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kawasan Pangkalan Patimban dalam rangka mendukung aksesibilitas energi untuk Proyek Strategis Nasional.

Menteri Perhubungan MENODAI, Budi Karya Sumadi mengatakan kalau Pertamina telah berperan untuk menutup kebutuhan energi di Pelabuhan Patimban dan sekitarnya dengan membangun storage BBM.

“Pertamina akan menyelenggarakan pembangunan dukungan energi bagi Pangkalan Patimban dan sekitarnya. Pelabuhan Patimban yang akan terkondisi dengan berkepanjangan tol dan jalan kereta obor ini diharapkan dapat meningkatkan potensi pembangunan 10 kawasan industri di sepanjang koridor utara Jawa. Sehingga perekonomian meningkat dan memberikan manfaat yang luas pada masyarakat, ” kata Budi Karya Sumadi pada keterangan tertulis, Senin (21/12/2020).

Baca Juga: Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman untuk Akhir Tahun

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengucapkan bahwa dalam upaya mencapai ketahanan energi nasional, Pertamina terus mengambil aksesibilitas energi dapat terlaksana dengan baik di seluruh Indonesia, berangkat dari wilayah perkotaan hingga provinsi terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Hal ini termasuk juga menunjang aksesibilitas energi untuk Proyek Penting Nasional Pelabuhan Patimban.

“Pembangunan Storage BBM ini hendak memberikan kemudahan dalam rangka menjunjung seluruh aktivitas kendaraan, kapal, dan sarana operasi di Pelabuhan Patimban yang sudah mulai beroperasi, ” tutur Nicke, Senin (21/12/2020).

Melalui perhitungan yang sudah kami lakukan, Storage BBM tersebut juga akan jauh lebih efektif dalam melakukan pelayanan, melengkapi kemudahan yang sudah ada saat itu. Secara jangka panjang, ini merupakan investasi yang baik bagi Pertamina dan bagi seluruh pelanggannya.

Menurut Nicke, pembangunan Storage BBM ini cukup strategis karena Pertamina selaku BUMN, menciptakan kehadiran negara untuk melayani kebutuhan operasi pelabuhan.

Storage BBM ini pun mau memberikan aksesibilitas yang lebih dekat dan mudah dalam pelayanan dengan langsung di Pelabuhan Patimban. Era ini, daerah sekitar Pelabuhan Patimban mendapatkan distribusi BBM melalui Storage di Tanjung Priok dan Balongan yang relatif lebih jauh.

“Selain memberikan dukungan energi dan memastikan pelayanan maksimal pada Pelabuhan Patimban sebagai bentuk menjaga ketahanan energi nasional, harapan kami pergerakan aktifitas di Pelabuhan Patimban dan sekitarnya ini juga bakal meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, ” tutur Nicke.