Pertarungan Empat Besar Serie A Kian Ketat, Lihat Aja nih!

persaingan-empat-besar-serie-a-kian-ketat-lihat-aja-nih-1

Persaingan memperebutkan empat besar klasemen Liga Italia semakin memanas selepas sembilan dari 10 laga pada rangkaian pekan ke-36 sudah dimainkan hingga Kamis pagi buta WIB. Napoli yang main lebih awal membukukan hasil telak 5-1 saat melayani Udinese di Stadion Diego Armando Maradona, Rabu (12/5/2021) WIB.

Kemajuan itu sempat membuat awak besutan Gennaro Gattuso melompat naik ke posisi kedua. Namun, kedudukan Napoli pada posisi kedua hanya bertahan sekira 24 jam lamanya, lantaran dua tim dengan mereka lompati, Atalanta & AC Milan, juga menyikat pertandingan masing-masing.

Atalanta yang menjamu tim zona merah Benevento pada Stadion Gewiss, Kamis (13/5) dini hari tadi menang dengan skor relatif meyakinkan 2-0 berkat gol-gol Luis Muriel dan Mario Pasalic.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Olimpico Grande, Milan menggelar perjamuan tujuh gol tanpa menimpali ke gawang Torino untuk meraih kemenangan telak 7-0 atas tuan rumah.

Baca Pula: Berkah Inter Milan saat Atalanta Bermain Ngaco

Kedua hasil itu dibarengi dengan kembalinya Juventus ke jalur kemajuan saat mereka menundukkan Sassuolo 3-1 dalam lawatan ke Stadion Mapei. Hasil-hasil itu membuat Atalanta kembali mengamankan posisi kedua berbekal keunggulan selisih gol dibandingkan Milan, kendati kedua tim sama-sama mengoleksi 75 poin.

Sedangkan, Napoli kembali duduk di peringkat keempat dengan raihan 73 poin, cuma punya keunggulan utama poin atas Juventus. Lazio yang berada di situasi keenam membayangi dengan 67 poin, setelah menang 1-0 atas Parma di Olimpico berkat gol dramatis Ciro Immobile.

Kendati terpaut enam poin dari empat besar, Lazio masih berpeluang turut meramaikan persaingan zona Liga Champions tersebut mengingat tim besutan Simone Inzaghi masih punya mulia laga simpanan yang belum dimainkan. Nasib berbeda dialami tim ibu kota yang lain, AS Roma, yang bukan saja sudah tidak barangkali mengejar tiket Liga Champions tetapi juga Liga Europa.

Pasalnya, awak besutan Paulo Fonseca yang musim depan akan ditangani Jose Mourinho itu menelan kekalahan saat melawat ke markas kubu juara musim ini, Inter Milan, secara skor 1-3 di Giuseppe Meazza. Akibat hasil tersebut, Roma yang berada di posisi ketujuh dengan 58 poin dipastikan tidak akan finis dengan peringkat bertambah tinggi karena tertinggal sembilan poin dari zona Asosiasi Europa di sisa besar pertandingan mereka musim itu.

Dari pertarungan degradasi, Genoa, Fiorentina & Udinese dipastikan tidak teristimewa terancam. Selain karena Benevento kalah lawan Atalanta, Fiorentina dan Genoa mampu mengambil poin tambahan dalam rangkaian laga tengah pekan tersebut.

Fiorentina lulus dari ancaman degradasi setelah kendati hanya main imbang nirgol dalam lawatan ke Sardegna Arena melawan Cagliari pada Kamis dini hari tadi. Fiorentina mengoleksi 39 poin dan menempati urutan ke-13, raihannya dipastikan tidak akan terkejar oleh Benevento yang ada di daerah merah.

Sementara itu, Genoa memastikan lolos dari risiko degradasi selepas menang zaman bertandang ke Renato Dall’Ara dan menaklukkan Bologna 2-0 berkat gol-gol Davide Zappacosta dan Gianluca Scamacca. Genoa memang tak beranjak lantaran urutan ke-14, tetapi sepadan seperti Fiorentina raihan 39 poin mereka tidak akan bisa dikejar oleh Benevento.

Lihat Sumber Tulisan di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kegiatan sama Warta Ekonomi secara Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan kandungan artikel menjadi tanggung jawab Republika.