Provokasi Ekonomi yang Jitu Akibat Pandemi, Ini Usul Fadel…

Provokasi Ekonomi yang Jitu Akibat Pandemi, Ini Usul Fadel...

WE Online, Jakarta

Wakil Pemimpin MPR Fadel Muhammad mengusulkan mas Kredit Tanpa Agunan (KTA) buat UMKM dengan bunga 1 persen sebagai stimulus ekonomi akibat pandemi Covid-19. Untuk itu pemerintah harus menginjeksi bank-bank BUMN dan Preman untuk merealisasikan bantuan stimulus pada UMKM itu.  

Baca Juga: Fadel Muhammad Usul KTA untuk UMKM secara Bunga 1%

“Injeksi sekitar Rp 40 triliun ke bank-bank BUMN agar segera direalisasikan untuk memacu pergerakan ekonomi di sektor UMKM. Namun Rp 40 T kami rasa tidak cukup. Kami usulkan paling tidak Rp 200 triliun, ” sirih Fadel Muhammad dalam diskusi Media Expert Meeting dengan tema “Bagaimana Menghadapi New Normal di Tempat Ekonomi, Apa yang Harus Dikerjakan? ” di Ruang GBHN, Pelik Parlemen Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Fadel Muhammad menjelaskan pandemi Covid-19 berdampak pada ekonomi global dan nasional. Bank Dunia memperhitungkan pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2020 minus 5, 2 komisi dan pada 2021 diperkirakan 4, 2 persen.

Untuk Indonesia, Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2020 tersebut 0%  dan pada tahun 2021 naik menjadi 4, 8 obat jerih. Menurut Bank Indonesia, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 diprediksi kurun 0, 9 persen – 1, 9 persen. Dan pada tarikh 2021, pertumbuhan ekonomi naik menjadi 5 persen- 6 persen.