Punya Prestasi Ekonomi Apik, Pemangku Kota Tangsel Diapresiasi Wamendag Jerry Sambuaga

punya-prestasi-ekonomi-apik-wali-kota-tangsel-diapresiasi-wamendag-jerry-sambuaga-1

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang segera mengakhiri masa jabatan pada Selasa (20/4/2021) mendapat apresiasi dari Pemangku Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga. Pasalnya selama kepemimpinan Airin kinerja ekonomi tercatat dalam bidang perdagangan pada kota itu merupakan satu diantara yang terbaik di Nusantara. Ada beberapa indika

“Selama kepemimpinan dia ekonomi Tangsel tumbuh benar baik, termasuk dalam sektor perdagangan. Ini terlihat dibanding pertumuhan perdagangan modern serta perdagangan, kualitas layanan serta fasilitas perdagangan, penegakan asas perdagangan dan lain-lain. ” Kata Wamendag.

Baca Juga: Mendag Lepas Ekspor Perdana Keluaran Cysteine Senilai USD800 Ribu ke Amerika

Taat Jerry selama dua kurun Airin berhasil memimpin Tangsel. Ia optimis walikota substitusi Airin akan melanjutkan hasil Tangsel. Airin sendiri mengakhiri masa jabatan sebagai walikota Tangsel sehari sebelum perayaan Hari Kartini 2021.

Airin sendiri merupakan salah satu dari atasan daerah perempuan yang terpilih melalui Pemilu. Pada tarikh 2018 ada 31 perempuan yang menjadi kepala daerah atau sekitar 9% sebab seluruh kepala daerah.  

“Momennya benar. Beliau pemimpin perempuan dengan masih muda dan jadi menunjukkan kualitas kepemimpinan yang baik. Jadi beliau mampu disebut sebagai representasi Kartini masa kini yang kudu kita apresiasi dan dijadikan panutan oleh perempuan-perempuan bujang lainnya. ” Tambah Jerry.

Menanggapi apresiasi dari Jerry, Airin memberikan bahwa keberhasilan Tangsel adalah upaya bersama seluruh warga dan aparat pemerintah. Secara rendah hati, Airin mengutarakan bahwa meski terhitung maju cepat selama kepemimpinannya, sedang banyak agenda yang harus dilakukan. Karena itu Dia berharap pemerintah dan masyarakat Tangsel bisa terus kompak membangun dan memperbaiki situasi yang ada.

Tangerang Selatan menjadi salah satu kota yang pertumbuhannya sangat pesat sejak dimekarkan dari Kabupaten Tangerang. Relasi lokasi dengan Jakarta menjelma salah satu pemicunya. Penuh daerah industri dan daerah tempat tinggal warga dengan bekerja di Jakarta.  

Tangerang Selatan juga menjadi salah mulia mesin pertumbuhan Provinsi Banten. Secara ekonomi Tangsel beserta Kabupaten Tangerang adalah merupakan penghasil PAD yang benar besar bagi Banten.  

Secara sosial, Tangsel pula menyumbangkan indeks pembangunan bani adam yang tinggi. Saat tersebut skor IPM Tangsel mencapai 81, 48. Angka ini bahkan lebih baik daripada DKI Jakarta.