Saking Terbatasnya, 1 Dokter Tangani 130 Ribu Pasien Covid-19!

Saking Terbatasnya, 1 Dokter Tangani 130 Ribu Pasien Covid-19!

WE Online, Jakarta

Di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dengan juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo membicarakan tenaga medis di Indonesia untuk menangani Covid-19 sangat terbatas. Tempat mengatakan bahwa dokter paru-paru dalam Indonesia kurang dari 2 ribu orang.

“Dokter paru yang ada di negara kita jumlahnya kurang dari 2 seperseribu orang. Artinya satu dokter paru harus melayani lebih dari 130 ribu warga negara, ” ujarnya saat memberikan penjelasan penanganan Covid-19 di hadapan Presiden Jokowi pada Graha BNPB, Jakarta, Rabu (10/6/2020).

Dia mengatakan bahwa kekuatan Indonesia sangat terbatas untuk menghadapi Covid-19 jika hanya mengandalkan sektor kesehatan saja. Maka dari itu pihaknya menitikberatkan pada jalan pencegahan.

Mengaji Juga: Bertahan di Tengah Gempuran Covid-19, Indonesia Kini Lebih Jadi

“Sehingga kami titik beratkan kepada upaya pencegahan. Di sinilah kekuatan kita yakni gotong royong dan ini menjelma modal sosial kita yang terkuat bapak presiden, ” ungkapnya.

Doni menambahkan bahwa dengan saat ini terus digencarkan ialah perubahan perilaku sebagai bagian sejak upaya pencegahan. Di mana untuk mengatasi keterbatasan yang dirawat pada rumah sakit hanya untuk kelompok yang sakit berat dan kritis saja.

“Kemudian targetnya adalah masyarakat yang sehat kudu tetap kita pertahankan sehat tetap. Lalu yang kurang sehat menjelma sehat. Dan yang sakit sebagiamana bapak presiden perintahkan harus bisa kita obati sampai sembuh, ” paparnya.

Partner Sindikasi Konten: SINDOnews