Soal Isu Pangkalan Militer China dalam Indo, Menlu Tegas Buka Bahana

Soal Isu Pangkalan Militer China dalam Indo, Menlu Tegas Buka Bahana

WE Online, Jakarta semrawut

Amerika Serikat (AS) menyebut, buat mengamankan Laut China Selatan, pemerintah China bakal mendirikan pangkalan miiter di Indonesia. Menteri Luar Jati Indonesia, Retno Marsudi pun bekerja suara.

Apa dengan disuarakan Retno? Dia menegaskan, Indonesia punya kedaulatan yang tak mampu diganggu negara lain. Indonesia tidak bisa dijadikan lokasi pangkalan militer negara mana pun.

“Sesuai dengan garis dan prinsip politik luar negeri Indonesia, daerah Indonesia tidak dapat dan tak akan dijadikan basis atau basis maupun fasilitas militer bagi negara mana pun, ” ucapnya, pada konferensi pers secara daring, kemarin.

Baca Selalu: Patroli Laut Bea Cukai Juga Terlibat dalam Misi Kemanusiaan

Baca Juga: Geger RI Jadi Pangkalan Militer China, Retno Tangkis Pentagon

Sebelumnya, Departemen Pertahanan AS (Pentagon) merilis laporan tahunan yang ditujukan untuk Kongres secara judul ‘Perkembangan Militer dan Kebahagiaan Melibatkan Republik Rakyat China’. Laporan itu membahas berbagai perkembangan tentara China. Pentagon menyebut, China mencari jalan membangun jaringan logistik luar kampung yang lebih untuk memungkinkan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) memproyeksikan & mempertahankan kekuatan militer mereka dalam jarak lebih jauh.

Analisis itu menyebut, PLA pusat mempertimbangkan membangun pangkalan untuk membantu logistik angkatan laut, udara, & darat di beberapa negara. Di antaranya di Myanmar, Thailand, Singapura, Indonesia, Pakistan, Sri Lanka, United Arab Emirates, Kenya, Sisilia, Tanzania, Angola, dan Tajikistan. Kemungkinan ini merujuk pada adanya pangkalan logistik PLA di Djibouti, salah satu negeri yang masuk dalam kawasan Tanda Afrika, yang diresmikan 2017 dan dioperasikan angkatan laut China (PLAN).

Anggota Komisi I DPR, Dave Laksono memuji sikap Retno. Ketegasan Retno itu telah menepis anggapan bahwa Indonesia “manut” saja dengan kemauan China.

Dave juga memastikan, tak ada negara mana pun yang akan membangun pangkalan militer dalam Indonesia. Namun, jika kerja persis pelatihan militer di semua matra, banyak dilakukan.

“Kalau pembangunan pangkalan militer asing, saya pastikan tidak ada. Apa kepentingannya dan apa landasan hukumnya negeri asing membangun pangkalan militer di Indonesia, ” ujar putra Besar Laksono itu.