Viral Parodi Lagu Indonesia Raya, Sejenis ini Tindakan Otoritas Malaysia

WE Online, Jakarta

Perwakilan Malaysia di Indonesia buka suara terpaut dugaan penghinaan lagu Indonesia Awam oleh warga Malaysia.

“Kedutaan Besar Malaysia dalam Jakarta telah memperhatikan video dengan telah menghina Indonesia. Dimana gambar tersebut diklaim telah diunggah dari Malaysia, ” tulis pernyataan resmi Kedubes Malaysia dalam akun Facebook-nya sebagaimana dilihat, Minggu (27/12/2020) malam.

Atas adanya peristiwa ini Kedutaan Gede Malaysia di Indonesia menenkan otoritas pihaknya pun sedang melakukan pengkajian.

Baca Juga: Pelecehan Lagu Indonesia Raya Jelas Langgar Hukum, Introduksi….

Baca Juga: Utang Sungguh Negeri Indonesia Hampir Rp6. 000 Triliun, Bahaya Gak Ya?

“Jika ternyata video tersebut diunggah oleh seorang warga negara Malaysia, maka tindakan tegas akan diambil bersandarkan hukum yang ada, ” ungkapnya.

Di sisi lain, Kedubes Malaysia menuturkan bila pihaknya sangat mengutuk bersusah-susah adanya tindaka provokasi yang sanggup mempengaruhi hubungan dengan Indonesia.

“Pemerintah Malaysia mengutuk keras setiap provokasi negatif yang dimaksudkan untuk mempengaruhi hubungan bilateral yang erat antara Malaysia dan Indonesia, ” tegasnya.

Sebelumnya, gaya Indonesia Raya dibuatkan parodi oleh akun MY Asean di jalan sosial Youtube. Dalam video berdurasi 1. 31 menit itu tampak aransemen dan lirik lagu Nusantara Raya diubah total dengan aksen penghinaan.

Video Diposting sekitar 2 minggu lalu oleh akun berlogo standar Malaysia. Terakhir terlihat sebelum gambar tersebut menghilang, tercatat 33 ribu akun Youtube lainnya telah menonton.

Lirik lagu diawali dengan suara ayam berkokok. Aransemen lagu pun tampak hampir seperti aslinya, hanya tambahan suara ayam dalam lagu itu. Sepanjang video terdapat background Abang Putih ditimpal dengan dua anak yang tampak sedang membuang air kencing. Sementara di tengahnya terdapat mandung berlambang Pancasila.

Secara singkat, lirik langgam sendiri berisi penghinaan mulai daripada Indonesia bangsa sial dan mundur. Dalam lagu juga presiden Jokowi dan Soekarno diparodikan.

Partner Sindikasi Konten: Okezone